Dapatkan informasi dan insight terbaru seputar ekosistem Assemblr, teknologi imersif, dan industri EdTech dalam satu tempat.
Setelah merilis fitur Audio beberapa minggu lalu, kami tahu kamu mungkin masih bingung menggunakannya.
Untuk itu, kami menyediakan tutorial lengkap untuk bantu kamu berkreasi dengan lebih mudah!
Di artikel kali ini, kita bakal sama-sama kupas tuntas fitur Audio di Assemblr Studio, sekaligus cara memasukkan BGM dan SFX—mengingat keduanya adalah hal yang berbeda.
Walaupun mereka dikategorikan sebagai sebuah fitur yang sama, BGM berfungsi sebagai background music atau musik latar di seluruh proyek maupun scene tertentu. Sedangkan, SFX fungsinya sebagai sound effects atau efek suara.
Sudah siap? Yuk, kita mulai!
Pastikan format audionya dalam bentuk MP3, WAV, atau OGG, ya!
Kalau mau, kamu juga bisa pilih beberapa BGM yang sudah tersedia di library Audio Assemblr Studio, lho.
Kalau sudah oke, klik “Use”.
1. Ganti nama BGM
2. Putar cuplikan
3. Atur volume dengan geser ke kiri atau kanan
4. Pilih tipe audio. Karena di sini menggunakan BGM, pastikan kamu pilih teks BGM, ya.
5. Pilih bagaimana BGM kamu mau diputar—apakah di seluruh proyek (global) atau di scene tertentu.
Kalau kamu mau memutarnya di sebuah scene, langsung klik scene tersebut, dan masukkan audionya.
6. Atur apakah audio akan diputar terus-menerus atau tidak.
Kalau semua pengaturannya sudah sesuai, klik “Place”.
Kalau kamu mau mengedit BGM, kamu bisa lihat panel yang ada di kanan Editor ini.
Di sini, ada opsi untuk mengganti audio, dan kalau pengaturan sudah sesuai semua, tinggal klik “Update”.
Namun, pastikan formatnya dalam bentuk MP3, WAV, dan OGG.
Selain itu, ada banyak juga sound effects yang sudah disediakan di library Audio sesuai kebutuhan kamu.
Kamu juga bisa melakukannya dengan sound effect yang disediakan di library Audio.
Kalau sudah, klik “Use”.
Pertama, klik SFX di toggle ini.
Lalu, kamu akan lihat panel yang berbeda. Kamu bisa beri nama, dengar cuplikan suara, dan atur volumenya.
Selain itu, kamu juga bisa memilih apakah audio akan terputar secara berulang atau tidak. Kalau sudah, klik “Place”!
Sama seperti BGM, SFX juga pengaturan di panel yang ada di sebelah kanan untuk mengganti audio dan update pembaharuannya.
Eits, tapi masih ada beberapa langkah yang kamu harus ikuti, nih, yaitu…
Yes! SFX punya cara yang sedikiiiit berbeda perihal memasukkan audionya. Ini dia langkah-langkah tambahan yang wajib kamu ikuti:
Artinya, saat kamu klik objek, suara SFX juga akan terdengar.
Dan pilih opsi Sound Effect.
Lalu, waktunya pilih sound effect!
Di satu proyek, bisa jadi kamu akan memasukkan beberapa sound effect berbeda. Jadi, pastikan tidak tertukar, ya 😉
Kamu bisa melakukan pengaturan lebih lanjut (advanced settings) dengan mengganti waktu mulai (starting time).
Artinya, ketika kamu klik objek pemicu, suara akan terputar setelah jumlah durasi yang sudah kamu atur.
Gimana? Mudah, kan? Yuk, ikuti langkah-langkahnya, dan jadikan proyek kamu lebih seru di Assemblr Studio!
Jl. Ir. H.Juanda no. 477A Blok D
Bandung, Jawa Barat. Indonesia
336 Smith Street 05-301
Pusat Jembatan Baru, Singapura. 050336
+62 (22) 2046 3080
Hubungi Kami